CV. CAHAYA TERANG

SEGALA MACAM GRATING

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (الخطّة الدراسية)

1. Standar Kompetensi:

Ketrampilan berbicara/maharatul kalam (mengungkapkan  pikiran,  gagasan,  perasaan,  pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang  بيتي)

2. Kompetensi dasar (Intructional application):

Melakukan  dialog  sederhana  dengan  tepat  tentang بيتي dengan menggunakan  kata  sapaan  (إلقاء التحيات ),  kata  ganti  tunggal  (واسم للمفرد الضمير), kata tunjuk (إسم الإشارة), dan kata depan (أدوات الجر)

3. Indikator (Intructional development):

a)      Mengungkapkan gagasan inti dari tema “بيتي” (aspek kognitif)

b)      Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar (aspek psikomotorik)

c)      Menggunakan  /  mengucapkan  mufrodat  dengan  tepat  dalam  berbagai kalimat (aspek affektif)

d)     Bertanya dengan menggunakan kata  tanya meliputi: dengan tepat (aspek affektif)

4. Tujuan Pembelajaran:

Melakukan  dialog  sederhana  dengan  tepat  tentang بيتي dengan menggunakan  kata  sapaan  (إلقاء التحيات ),  kata  ganti  tunggal  (واسم للمفرد الضمير), kata tunjuk (إسم الإشارة), dan kata depan (أدوات الجر)

5. Materi Pembelajaran:

a)      Teks percakapan

b)      Isim-isim dhomir

c)      Macam-macam kata benda berkaitan dengan “بيت”

6. Pendekatan dan Metode Pembelajaran:

a)      Thariqah Mubasyarah

b)      Sam’iyah Syafahiyah

c)      Tanya jawab

7. Langkah Pembelajaran (instructional design/pengalaman belajar):

Kegiatan awal

a)      Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa

b)      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pencapaian

Kegiatan inti

c)      Guru meminta siswa untuk membuka teks percakapan di buku pelajaran Seluruh siswa mendengarkan  lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat dalam teks percakapan

d)     Seluruh  siswa  menirukan  lafal  guru  dalam  membaca  kata,  frasa  atau kalimat dalam teks percakapan

e)      Guru meminta siswa untuk mencari kosa kata yang belum diketahui Guru menjelaskan materi terkait dengan “بيتي”

f)       Guru  memberikan  kesempatan  bertanya  kepada  siswa  terkait  dengan materi “بيتي”

g)      Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok-kelompok

h)      Masing-masing  kelompok  mengungkapkan  isi  materi  (siswa  lain menanggapi)

i)        Bersama siswa guru mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
Kegiatan akhir

j)        Guru meringkas/menyimpulkan materi yang telah di pelajari

k)      Guru Memberi dorongan untuk belajar lebih giat Menyampikan  informasi  tentang  materi  yang  akan  di  bahas  pada pertemun berikutnya

8. Sumber/Bahan/Alat Belajar (Reference):

a)      Guru

b)      Buku pelajaran kelas 1 madrasah tsanawiyah

c)      Kamus bahasa Arab

9. Penilaian (evaluasi):

1. Tes Lisan

Siswa  diminta  menjelaskan keadaan rumah dengan baik.

2. Tes Tertulis

Guru memberikan beberapa soal tertulis  tentang keadaan rumah yang telah dipelajari.

3. Tes Perbuatan

Siswa  diminta  mempraktikkan  percakapan  tentang  kegiatan  di madrasah dengan temannya

المادّة          : اللغة العربية

المدرسة       : المدرسة المتوسطة

الموضوع       : بيتي (الموادّ الدراسية)

الفصل         : 7/ الفصل الأول الدراسي

الموعد         : 80 دقيقة (التنظيم التعليمي)

1. معيار الكفاءة:

مهارة الكلام (تعبير الفكر والاقتراح والشعور والخبرة والمعلومات من خلال المحادثة عن “بيتي”)

2. الكفاءة الأساسية (التطبيق التعليمي):

تنفيذ الحوار البسيط تحت موضوع “بيتي” باستخدام إلقاء التحيات، واسم للمفرد الضمير، الظرف، وأدوات الجرّ.

3. علامة الكفاءة المرجوّة (التطوير التعليمي):

‌أ)       فهم الفكرة الأساسية من موضوع “بيتي” (الجانب المعرفيkongnitif/)

‌ب) تلفّظ بالمفردات والجمل في نصّ “بيتي” بالضبط والفصاحة (الجانب السلوكيpsikomotorik/)

‌ج)  استخدام المفردات بالضبط في مختلف الجملة (الجانب نفس الحركيaffektif/)

‌د)     وضع الأسئلة بكلمات الاستفهام بالضبط نحو: أين، من، هل، ما/ماذ (الجانب نفس الحركيaffektif/)

4. هدف تعليم المادّة:

قدرة الطلاب على الحوار البسيط تحت موضوع “بيتي” باستخدام إلقاء التحيات، واسم للمفرد الضمير، إسم الإشارة، وأدوات الجرّ.

5. مادّة التعليم:

‌أ)       نصّ المحادثة من الكتاب المقرّر

‌ب) اسم الضمير

‌ج)  انواع الأسماء المتعلقة بالبيت

6. طريقة التعليم:

‌أ)       طريقة المباشرة

‌ب) سمعية شفهية

‌ج)  طرح أسئلة بين الطلاب والمعلمين

7. خطوات التعليم (التصميم التعليمي/الخبرة التعليمية):

مقدّمة

‌أ)       يلقي المعلّم التحية في افتتاح التعليم والسؤال عن أحوال الطلاب

‌ب) يخبر عن الكفاءة الأساسية يريد تناولها في اللقاء
النشاط الأساسي

‌ج)  يأمر المعلّم الطلاّب بفتح نصّ “بيتي” في الكتاب المقرّر

‌د)     يستمع الطلاّب إلى تلفّظ المعلّم في قراءة النص “بيتي”

‌ه)   يقلّد الطلاب بعد قراءة المعلم في النص “بيتي”

‌و)     سؤال الطلاّب عن المفردات غير معلومة

‌ز)     بيان المعلّم عن نصّ “بيتي”

‌ح)  سؤال الطلاب عن نصّ “بيتي”

‌ط)  يأمر المعلم ليتفرّق الطلاّب إلى عدّة الفرق

‌ي)  تنفيذ المحادثة بين فرق الطلاّب
الخاتمة

‌ك)   يستخلص المعلّم عن المادّة المدروسة

‌ل)   يشجع المعلم إلى استمرار التعلّم

‌م)     يخبر المعلم المادّة التالية في اللقاء المقبل

8. مراجع:

‌أ)       المعلّم

‌ب) الكتاب المقرّر في الصف الأول لمدرسة المتوسّطة

‌ج)  القاموس العربي

9. التقويم (التقويم):

‌أ)       تقويم الكلام: يشرح الطلاّب عن أحوال “بيتي” بالضبط

‌ب) تقويم الكتابة: اللأسئلة المكتوبة للطلاب عن أحوال “بيتي” من المعلم

تقويم التطبيق: تنفيذ المحادثة عن “بيتي” بين الطلاب

silakan  download, klik dibawah ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OUR GALLERY

HUBUNGI KAMI

CHOOSE LANGUAGE

%d bloggers like this: